Rabu, 17 Februari 2010

SENIMAN KREATIF INOVATIF

     Seniman merupakan istilah  yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik. Ahli sejarah seni dan kritikus seni mendefinisikan seniman sebagai seseorang yang menghasilkan seni dalam batas-batas yang diakui.
     Kreatif  biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
     Inovasi dapat diartikan sebagai "proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan.
     Sedangkan inovasi, kreatif dalam seni menurut pemikiranku adalah dimana terdapat hal-hal baru ataupun produk baru dalam karya seni yang tercipta berbeda dan lain dari produk seni yang sudah ada terlebih dahulu, walaupun dalam proses penciptaannya sang seniman tetap mengolah pikirannya, mengadopsi, merekam, serta mengembangkan hal-hal lama menjadi sesuatu yang baru, dan ini saya anggap wajar, karena apapun yang ada sekarang selalu berkembang dari hal-hal lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar